Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbanyak ASI Ibu


Cara Memperbanyak ASI

Menyusui adalah kewajiban seorang ibu saat bayinya lahir hingga usia 2 tahun (ASI eksklusif). Dari menyusui pun anda dapat mengetahui dan merasakan betapa indah serta pentingnya peran seorang ibu. Bagi ibu muda yang baru pertama kali melahirkan mungkin mendapat kesulitan diasaat akan menyusui bayinya yaitu disaat ASI tidak keluar banyak. Hal ini adalah masalah umum bagi para ibu baru. Bagaimana tidak jika ASI adalah makanan utama, pertama, dan penting bagi pertumbuhan buah hatinya. Nah, bagaimana cara memperbanyak ASI ? berikut tips nya :)

Agar Produksi ASI Lancar Dan Banyak

Pengertian ASI eksklusif adalah pemberian Air Susu Ibu saja kepada bayi umur 0 – 6 bulan tanpa diberikan makanan atau minuman tambahan. Kecuali dalam kondisi tertentu sang bayi sakit dan membutuhkan obat sebagai terapi penyembuhan. Dan banyak manfaat asi eksklusif ini untuk kesehatan dan juga untuk proses tumbuh kembang sang bayi itu sendiri.

Kembali ke pokok bahasan dalam Safiy Hati pada hari ini yaitu bagaimana cara agar produksi ASI banyak dan melimpah sehingga kebutuhan sang bayi akan air susu ibu ini akan terpenuhi dengan baik dan optimal yang nantinya akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan bayinya.

Berikut beberapa cara memperbanyak ASI yang bisa para ibu lakukan :

1. Meningkatkan frekuensi menyusui

Jadi bila kita temui bayi kita sudah merasakan kenyang karena minum air susu ibu, maka perahlah atau peras susu ibu (memompa). Banyak alat yang tersedia untuk memompa ASI ini yang dijual di apotik-apotik atau toko-toko perlengkapan bayi. Prinsip produksi ASI pada dasarnya based on demand sama halnya dengan prinsip pabrik. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka makin banyak ASI yg diproduksi oleh sang ibu.

2. Banyak konsumsi air putih

Dengan para ibu yang menyusui banyak minum air putih akan sangat membantu dalam meningkatkan produksi ASI ibu.

3. Memenuhi kebutuhan gizi nutrisi ibu menyusui dengan baik

Dengan terpenuhinya akan makan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah, serta daging susu untuk ibu menyusui maka akan berdampak positif bagi ibu dalam rangka memproduksi ASI yang banyak dan juga bisa menghasilkan ASI berlimpah dan lancar .Pilihlah sayur-sayuran yang dapat mengentalkan ASI, serta membuat ASI menjadi baik dan menyehatkan untuk bayi. Dengan demikian, bayi akan merasa kenyang, dan ini berpengaruh terhadap kualitas tidur bayi sehingga tidurnya pun bisa lelap nyenyak.

4. Menghindari penggunaan susu formula

Pada sebagian para ibu yang menyusui setelah mengalami produksi asi sedikit biasanya akan beralih ke pemberian susu formula. Justru dengan pemberian susu formula ini akan menyebabkan produksi ASI semakin tidak lancar. Anak akan menjadi relatif malas menyusu atau bahkan mengalami bingung puting terutama pemberian susu formula dengan memakai dot. Begitu bayi diberikan susu formula, maka saat ia menyusu pada ibunya sudah merasa kenyang. Sehingga volume ASI akan makin berkurang. Makin sering susu formula diberikan maka makin sedikit ASI yang akan diproduksi.

5. Melakukan perawatan payudara

Perawatan payudara ini sebaiknya juga dilakukan ketika saat hamil tua. Karena perawatan payudara pada kehamilan adalah salah satu upaya kiat agar ASI banyak dalam rangka mempersiapkan menyusui. Setelah melakukan payudara saat hamil maka hal ini diteruskan pula ketika mulai menyusui.

6. Kondisi Psikologi ibu menyusui yang baik

Artinya adalah dalam memberikan ASI juga membutuhkan kondisi psikis yang rileks dan siap untuk menyusui. Bila pada awal hamil sang ibu tidak berniat menyusui bayinya saat lahir maka hal ini akan berpengaruh terdapat pengeluaran dan produksi ASI pada saat tiba waktunya untuk menyusui sang bayinya. Keadaan kondisi psikologis ibu menyusui sangat menentukan angka keberhasilan pemberian ASI eksklusif. Menurut hasil sebuah penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui itu sendiri. Dukungan keluarga, terutama sang suami atau ayah dalam keberhasilan menyusui adalah sangat dibutuhkan.

Demikian artikel tentang bagaimana cara memperbanyak ASI semoga bermanfaat dan semoga dengan ini timbul kesadaran akan pentingnya ASI untuk pertumbuhan dan masa depan anak-anak anda.Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Cara Memperbanyak ASI Ibu"

  1. nais inpoh ini sob, memang ASI adalah memgang peranan penting untuk tumbuh kembang anak yang sehat

    BalasHapus
  2. infonya bagus nich sob, ASI emang penting bagi pertumbuhan bayi

    BalasHapus