Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Karang Gigi


Karang gigi adalah endapan keras yang bewarna putih kekuningan sampai hijau kehitaman. Endapan tersebut menempel pada permukaan gigi, tambalan, maupun gigi palsu. Karang gigi terbentuk dari plak pada permukaan gigi yang mengalami mineralisasi sehingga menjadi endapan keras yang susah di bersihkan. Hampir sebagian besar orang memiliki karang gigi di mulutnya dengan tingkatan yang berbeda.

Karang gigi ini sendiri penyebab hilangnya gigi setelah karies (gigi berlubang). Karang gigi menjadi tempat melekatnya bakteri. Akibatnya muncul berbagai penyakit gusi, misalnya radang gusi (gingivitis). Tandanya gusi berwarna merah mengkilat, licin, agak bengkak dan sering berdarah bila disentuh atau saat menggosok gigi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi :

Menyikat gigi dengan benar minimal dua kali sehari.
Bagian gusi juga mesti kita bersihkan. Gusi bagian atas dengan menggosoknya ke arah atas ke bawah, sedangkan untuk gusi rahang bawah dari arah bawah ke atas.

Biji asam kawak bisa kita gunakan untuk menghilangkan karang gigi.
Caranya sangrai biji asam kawak, kemudian haluskan dengan cara diblender atau ditumbuk. Bubuk dari biji asam kawak bisa kita gunakan untuk menggosok karang gigi dengan bantuan sikat gigi atau kapas.

Cengkeh juga bisa kita gunakan untuk membersihkan karang gigi.
Siapkan cengkeh sebanyak 7 buah. Tumbuk halus dan hasilnya kita gunakan untuk menggosok karang gigi. Bubuk cengkeh ini bisa pula kita gunakan untuk berkumur.

Menkonsumsi buah apel
Mengonsumsi buah apel tanpa dikupas kulitnya juga akan membantu membersihkan gigi dari karang gigi. Selain manfaat dari kandungan gizinya, sekaligus menjaga gigi dari plak. Tentu saja ini mesti kita lakukan secara rutin.

Demikianlah Informasi Kali Ini Mengenai Cara Menghilangkan Karang Gigi dan saya harap dapat bermanfaat untuk para pembaca setia blog ini.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Karang Gigi"