Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Samping Menggunakan Kawat Gigi


Pada awalnya kawat gigi diciptakan hanya untuk kesehatan yaitu untuk merapihkan gigi yang kurang rapih, sehingga mudah dibersihkan dan dapat berfungsi sebagaimana mustinya. Namun seiring perkembangan zaman dan semakin berkembangnya bentuk serta warna-warni kawat gigi, sehingga peminat menggunakan kawat gigi semakin banyak. Sekarang ini peminat menggunakan kawat gigi tidak hanya serta-merta untuk kesehatan saja, namun untuk penunjang penampilan juga.

Efek Samping Menggunakan Kawat Gigi

Semakin banyaknya orang yang ingin menggunakan kawat gigi, sehingga sekarang banyak ahli gigi yang membuka praktik pemasangan kawat gigi dengan harga yang sangat terjangkau. Namun, walau pun harga yang ditawarkan sangat terjangkau, namun belum tentu menawarkan kebersihan peralatan yang digunakan ketika memasang kawat gigi. Selain itu penggunaan kawat gigi ini tidak seratus persen memberikan hal yang positif bagi penggunanya, namun ada efek negatif yang ditimbulkan dari penggunaan kawat gigi. Efek negative tersebut diantaranya yaitu:

1. Karang Gigi
Ketika menggunakan kawat gigi atau behel, maka sebagian gigi kita akan terhalang oleh kawat gigi. Dengan demikian, ketika kita akan memebersihkan gigi, tidak akan sebersih ketika kita tidak menggunkan kawat gigi, karena sisa-sisa makan terkadang masih terselip di sela-sela kawat gigi. Apabila ada makan terselip di sela-sela kawat gigi, maka lama-kelamaan sisa makan tersebut akan menjadi plek dan berubah menjadi karang gigi. Dengan begitu bagi anda yang menggunakan kawat gigi, sebaiknya gunakanlah sikat gigi khusus untuk pengguna kawat gigi, sehingga dapat membersihkan gigi dengan bersih.

2. Banyak Kuman Dan Bakteri yang Bersarang di Mulut
Banyaknya kuman dan bakteri yang bersarang dimulut, sebenarnya masih ada hubunganya dengan pembahasan mengenai karang gigi di atas. Apabila banyak sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi kemudian sisa makan tersebut menjadi karang gigi, secara otomatis di dalam karang gigi tersebut banyak terdapat kuman dan bakteri yang bersarang.
Apabila kuman dan bakteri yang bersarang di dalam mulut kita biarkan saja, maka hal tersbut akan memunculkan masalah baru lagi, seperti bau mulut yang akan mengganggu tingkat kepercayaan diri ketika berbicara dengan orang lain dan dapat juga menjadikan gigi anda berlubang sehingga dapat menimbulkan sakit gigi.

3. Alergi
Sebenarnya kawat gigi mengandung logam, seperti nikel, tembaga dan kromium. Bahan logam tersebut apabila terus-menerus kita gunakan, akan menimbulkan alergi. Alergi tersebut akan menyebabkan rasa sakit dan telinga tersumbat. Apabila anda terkena alergi yang disebabkan kawat gigi, maka alangkah baiknya ganti lah kawat gigi anda, yang tidak berbahan logam.

4. Mudahnya Tertular Penyakit
Sebagian orang ketika memasang kawat gigi tidak ke dokter ahli, namun ke ahli gigi yang menawarkan harga yang lebih terjangkau. Namun, sebenarnya ahli gigi hanya untuk memasangkan gigi palsu saja, bukan utuk mencabut gigi bahkan untuk memasangkan kawat gigi.

Ketika kita memasang kawat gigi atau mengganti karet kawat gigi bukan di dokter ahli, namun di tempat lain, maka hal itu akan mengakibatkan mudahnya tertular penyakit. Sebab kita tidak mengetahui kebesihan peralatan yang digunakan ketika akan menangani gigi kita. Dengan demikian pasanglah kawat gigi ke dokter ahli, walau pun aga mahal sedikit, namun kenyamanan dan kesehatan kita dapat terjamin.

5. Gusi Menjadi Lebih Sensitif
Ketika pemasangan kawat gigi, pasti menarik gusi. Penarikan gusi tersebut dapat mengakibatkan gusi menjadi lebih sensitive. Selain itu hal yang membahayakan lainnya yaitu ketika pemasangan kawat gigi, dapat mengakibatkan inflasi atau radang gusi, sehingga gusi dapat dengan mudahnya berdarah.

Itulah beberapa efek negatif yang ditimbulkan ketika menggunakan kawat gigi hanya untuk gaya-gayaan saja. Sebenarnya memakai kawat gigi boleh-boleh saja, namun yang harus kita perhatika ketika akan memasang kawat gigi, yaitu datangilah dokter ahli yang sudah professional memasangkan kawat gigi dan juga pastikanlah peralatan yang digunakan terjaga kebersihannya. Selain itu ketika kawat gigi sudah terpasang, maka kita harus rajin membersihkan gigi dengan sikat gigi khusus dan juga gunakanlah obat kumur supaya sisa-sisa makanan tidak menempel di sela-sela kawat gigi. Dengan begitu gigi anda pun akan tetap sehat walaupun menggunakan kawat gigi.

Posting Komentar untuk "Efek Samping Menggunakan Kawat Gigi"