Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Penyakit Jantung


Cara mengobati penyakit jantung berbeda-beda tergantung pada tipe dan berapa lama penyakit jantung yang mungkin anda atau keluarga anda derita. Bagi penderita penyakit jantung, saat serangan itu terjadi harus sebisa mungkin dicegah agar tidak berakibat fatal. Akibat dari penyakit jantung yaitu berujung pada kematian, jika tidak akan meninggalkan penyakit sisa seperti stroke. Sebenarnya penyakit jantung bisa diobati dan anda atau keluarga anda akan bebas dari resiko penyakit mematikan ini.
Cara Mengobati Penyakit Jantung

Sebelum anda mengetahui cara mengobati penyakit jantung, marilah mengetahui terlebih dulu faktor penyebab penyakit jantung.

Kadar kolesterol yang tinggi

Penyakit jantung muncul karena adanya benjolan-benjolan pada pembuluh darah. Tentunya benjolan tersebut terbentuk karena penimbunan plak dari tingkat kolesterol yang tinggi dalam darah. Cara mengobati penyakit jantung sebaiknya dilakukan sejak dini, agar tidak bertambah parah. Kadar kolesterol diatas 200 mempunyai resiko penyakit jantung lebih tinggi.

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau anda penderita hipertensi mempunyai resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi. Cara mengobati penyakit jantung biasanya di awali dengan pemberian obat untuk menurunkan tekanan darah terlebih dulu.

DM dan obesitas

Kelebihan berat badan dapat memicu timbulnya penyakit jantung. Selain itu dengan obesitas, berarti kandungan lemak di darah tinggi yang dapat menyebabkan pembuluh darah yang memicu serangan jantung mendadak. Bagi anda penderita DM, terutama DM tipe 1 dan 2 anda lebih beresiko terkena penyakit jantung. Kandungan gula yang tinggi dalam darah mengurangi permeabilitas pembuluh darah.

Setelah anda mengetahui beberapa faktor yang dapat menimbulkan penyakit jantung, anda perlu tahu cara mengobati penyakit jantung agar anda terbebas dari rasa takut saat serangan jantung terjadi.

1.Diet
Cara mengobati penyakit jantung di awali dengan melakukan diet lemak. Diet ini bertujuan untuk menekan jumlah kolesterol dalam darah yang dapat memicu pembentukan plak pada pembuluh darah. Hindarilah konsumsi jerohan dan makanan yang berlemak. Gantilah dengan sayur, buah dan protein nabati. Bila anda dapat mengontrol pola makan anda, anda tidak perlu mengonsumsi obat penurun kolesterol.

2.Olahraga ringan
Bagi anda yang mempnyai penyakit jantung dan ingin berolahraga, lakukan saja olahraga ringan. Jangan memaksa jantung anda bekerja ekstra karena akan memicu munculnya serangan. Anda dapat berolahraga ringan dengan melakukan jalan cepat selama 15-30 menit 3-4 kali setiap minggunya. Aturlah pernafasaan dengan baik saat anda melakukan olahraga.

3.Hindarilah rokok
Bagi anda penderita penyakit jantung dan masih menjadi perokok aktif, sebaiknya hentikan kebiasaan anda tersebut. Rokok mengandung nikotin dan tar yang dapat merusak kerja jantung dan paru-paru anda. Merokok akan mempertinggi faktor kematian akibat serangan.

4.Konsumsi bahan herbal
Jika anda menghindari pengobatan dengan bahan kimia, anda dapat memilih untuk beralih mengonsumsi obat dari alam yang mempunyai efek amping lebih kecil namun tetap berkhasiat. Berbagai tumbuhan telah dikenal baik sebagai cara mengobati penyakit jantung. Bahan alam tersebut antara lain daun sirsak dan kulit buah manggis. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kedua bahan alam tersebut dapat menekan resiko penyakit jantung dan penyakit sisa akibat serangan. Sekarang banyak dipasarkan dalam bentuk jadi yang siap untuk dikonsumsi. Jika anda ingin membuatnya sendiri, anda cukup menyeduh daun sirsak yang telah dikeringkan dan meminum airnya rutin satu gelas sekali sehari. Untuk kulit buah manggis, keringkan terlebih dulu kemudian hancurkan kulitnya. Rebus dan minum airnya dengan tambahan madu.

Mengobati penyakit jantung sebenarnya tidak memerlukan operasi atau obat yang berlebihan. Dengan pengaturan pola makan, istirahat dan perubahan gaya hidup merupakan cara mengobati penyakit jantung yang lebih mudah dan murah.

Posting Komentar untuk "Cara Mengobati Penyakit Jantung"