Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Aman Berkendara di Jalan Raya


Tips Aman Berkendara di Jalan Raya – Melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi memang memiliki banyak keuntungan serta jauh lebih nyaman. Namun dalam melakukan perjalanan tersebut kita juga seharusnya memperhatikan keselamatan berkendara yang telah diperintahkan oleh aparat keamanan setempat demi memperoleh kenyamanan berkendara pada diri kita sendiri maupun pengguna jalan yang lainnya. Berkendara di jalan raya memiliki resiko yang sangat besar jika kita tak mematuhi segala hal yang sudah dipatuhi oleh mayoritas pengguna jalan. Salah satunya adalah menggunakan helm bagi yang melakukan perjalanan dengan sepeda motor serta senantiasa menggunakan sabuk pengaman bagi yang berkendara dengan mobil. 

Tips Aman Berkendara di Jalan Raya

Tips Aman Saat Berkendara juga diperlukan oleh setiap pengendara agar bisa lebih cermat mengetahui keadaan jalan yang tidak selamanya bagus. Beberapa daerah rawan macet, jalanan rusak dan area rawan kecelakaan adalah titik-titik penting yang harus kita perhatikan sebagai pengguna jalan. Selain itu peraturan lalu lintas juga harus kita terapkan dengan baik agar nantinya kita merasa nyaman saat berkendara dengan mobil atau sepeda motor yang kita punya. Memahami pentingnya keamanan saat berkendara, maka pada kesempatan kali ini blog kusebar akan memberikan beberapa tips aman saat berkendara di jalan raya. Memang selain penting untuk diperhatikan, keamanan saat berkendara merupakan hal utama yang harus kita junjung tinggi sebagai pengguna jalan :

1.Pastikan Anda sedang dalam kondisi sadar dan fit untuk berkendara. Dalam arti, sebelumnya tidak mengonsumsi minuman beralkohol maupun obat-obatan yang bisa membuat mabuk atau mengantuk.
2.Pastikan kondisi kendaraan Anda baik, dalam arti memenuhi standar untuk berkendara.Periksa lampu sein, kondisi rem, kopling, gas, persneling, klakson, dan lampu terutama saat berkendara pada malam hari.
3.Patuhi aturan mulai dari penggunaan alat-alat keselamatan; helm dan sabuk pengaman. Juga tak lupa membawa kartu identitas seperti KTP, SIM dan STNK.
4.Berpikirlah untuk senantiasa berhati-hati dan menjaga diri serta penumpang yang ikut bersama Anda dengan mematuhi setiap aturan berlalu lintas; lampu merah, bunyi pengumuman saat melintas rel kereta api, sampai rambu-rambu tanda dilarang parkir, stop, memutar, dan sebagainya. Ingatlah, ini demi keselamatan Anda sendiri. Nyawa Anda terlalu berharga untuk disia-siakan.
5.Perhatikan selalu jarak kendaraan Anda dengan kendaraan di depan dan sekitar Anda. Lajukan kendaraan dengan kecepatan yang sesuai dengan kondisi jalan. Tidak terlalu pelan dan juga tidak kebut-kebutan.
6.Hormati sesama pengguna jalan raya, mulai dari pengendara lain sampai pejalan kaki. Beri ruang dan kesempatan untuk mereka yang akan memutar arah atau menyeberang. Hal itu tidak akan membutuhkan waktu lama, apalagi menyita waktu Anda. Juga, gunakan klakson seperlunya agar tidak mengganggu kenyamanan sesama pengguna jalan. Ingat, kesabaran dalam berdisiplin berlalu lintas sangat diutamakan. Jika tak ingin terlambat sampai tujuan, sebaiknya Anda sudah mengatur waktu sejak dari rumah.
7.Sebisa mungkin tidak menggunakan handphone/gadget saat berkendara karena dapat mengganggu konsentrasi. Apabila terpaksa, Anda sebaiknya menepi dan menghentikan kendaraan.
8.Setel volume audio mobil dalam intensitas sedang dan tidak sampai terlalu kencang dan memekakkan telinga. Jika tidak, hal ini dapat membahayakan karena Anda kemungkinan tidak akan mendengar suara dan klakson kendaraan lain atau bunyi tanda peringatan di lintasan kereta api.
9.Memfokuskan pikiran ke jalanan. Tidak melakukan sesuatu yang membahayakan sambil berkendara, seperti mengambil barang yang jatuh di lantai atau menengok ke arah selain jalan sambil menyetir.
10.Sebelum berkendara, berdoalah memohon perlindungan Tuhan selama berada di jalan raya.

    Beberapa manfaat yang bisa didapat dari menerapkan tips aman berkendara tersebut yakni faktor kenyamanan, keselamatan, efektivitas bahan bakar serta efektivitas waktu tempuh perjalanan. Semua itu tentu akan kita dapatkan jika kita mampu menerapkan tips diatas dengan baik. Apalagi jumlah kendaraan bermotor juga selalu bertambah setiap harinya, oleh karena itu berkendara dalam keadaan bugar menjadi sebuah syarat utama ketika kita akan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi kita. Karena pada dasarnya pengendara yang baik adalah pegendara yang peduli dengan keselamatan semua pengguna jalan sehingga semua orang bisa mendapatkan haknya untuk memakai jalan secara bijak dan selamat sampai tujuan.

    Posting Komentar untuk "Tips Aman Berkendara di Jalan Raya"