Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Aman Saat Mudik Lebaran 2013


Tips Aman Saat Mudik Lebaran 2013 – Menyambut sebuah momen besar seperti hari raya idul fitri merupakan hal yang paling kita perhatikan akhir-akhir ini. Selain memikirkan masalah budget yang berlebih, belanja lebaran serta mudik ke kampung halaman adalah sebuah rutinitas tahunan yang tak bisa kita tinggalkan. Dalam perantauannya ke kota besar, seringkali kita rindu dengan keluarga yang berada di kampung seperti ayah, ibu, nenek kakek dan saudara yang lainnya. Oleh karena itu pilihan mudik lebaran menjadi salah satu opsi terbaik ketika kita ingin berjumpa dengan keluarga di hari yang spesial. 

Tips Aman Saat Mudik Lebaran 2013

Momen Mudik Lebaran memang seperti sudah menjadi tradisi utama masyarakat indonesia. Hal ini bisa dilihat dari tingkat antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat yang berada di perantauan untuk kembali ke kampung halamannya merayakan lebaran bersama keluarga. Beberapa diantara kita tentu memiliki pilihan cara mudik yang berbeda-beda. Seperti menggunakan angkutan umum seperti Bus, Pesawat dan kapal. Ataupun bagi kita yang lebih suka mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Semua itu memang memiliki resiko yang berbeda-beda namun tujuan utamanya tetap satu yakni sampai ke kampung halaman dengan selamat. 

Bagi kita semua yang berkendara menggunakan angkutan umum, tentunya tingkat keamanannya akan jauh lebih terjamin ketimbang menggunakan kendaraan sendiri. Namun bagi kita yang memilih mudik menggunakan kendaraan sendiri maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan mudik kita serasa nyaman dan aman. Memahami hal tersebut blog kusebar akan memberikan beberapa tips aman ketika kita memutuskan untuk mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor :

1. Cek Kondisi Mobil
Yang perlu diperhatikan disini adalah cek keadaan dan tekanan ban, air radiator, wiper dan air aki. Selain itu, cek juga sistem kelistrikan, pastikan semua tidak ada masalah dengan lampu depan, sein dan lampu belakang. Jangan lupa juga sek oli mesin, minyak rem, serta fan belt.

2. Perlengkapan yang Harus dibawa
Untuk berjaga-jaga di perjalanan jagan lupa menbawa ban serep, dongkrak serta pemutarnya, berbagai kunci pas, obeng (plus dan minus), kunci busi, kunci inggris, segi tiga pengaman, senter serta peta perjalanan. Jangan lupa kelengkapan surat-surat mobil termasuk SIM dan STNK.

3. Persiapkan Kondisi Pengemudi
Pengemudi sangat berperan penting karena bertanggung jawab atas keselamatan penumpang yang ada di dalam mobil. Pastikan kondisinya fit, tidak mengantuk, tidak habis mengkonsumsi obat yang bisa menyebabkab rasa kantuk. Apabila mengantuk lebih baik berhenti untuk istirhat sebentar di rest area, kemudian baru melanjutkan perjalanan. Jangan pula menggunakan Handphone saat mengemudi, kalau sekiranya terpaksa lebih baik menepi dan berhenti sejenak.

4. Mengemudi dengan Aman
Keamanan dalam berkendaran adalah nomor satu, sebab itu pastikan agar sabuk pengaman terpasang dengan sempurna. Sabuk pengaman yang terpasang dengan tepat setidaknya akan mengurangi resiko cidera jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan ketika mengemudi.

5. Jangan terlalu banyak membawa barang
Bawalah barang bawaan secukupnya saja jagan sampai melebihi kapasitas yang ditentukan baik itu kapasitas mobil maupun dari segi daya angkutnya. Karena selain akan boros BBM, tentu mengurangi kenyamanan dan keamanan.Tak hanya itu, juga akan membebani kinerja mesin itu sendiri.

6. Sediakan Obat
Jangan lupa membawa obat-obatan sederhana, seperti obat anti diare, sakit kepala, anti alergi, obat mag, dan anti mual dan muntah khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan. Bagi penderita penyakit tertentu, seperti hipertensi, diabetes, asma, kolesterol tinggi, dan asam urat sertakan juga obat-obatan yang rutin dikonsumsi.

7. Waktu mudik
Usahakan untuk menentukan waktu mudik yang tepas untuk menghindari kemacetan. Biasanya puncak arus mudik terjadi H-2 sampai H-1, jadi usahakan mudik lebih awal untuk menghindarin kemacetan.

Dengan memperhatikan beberapa tips diatas tentunya aktivitas mudik yang kita lakukan jadi lebih nyaman, aman dan menyenangkan. Karena pada dasarnya tujuan mudik adalah untuk berjumpa dengan keluarga yang selama ini mungkin sulit untuk ditemui. Oleh karena itu ketika kita memutuskan untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi, pastikan keselamatan berkendara harus kita perhatikan baik-baik. Karena dengan mudik yang aman tentunya harapan kita untuk menemui keluarga yang kita cintai akan jadi kenyataan dan peristiwa lebaran bisa kita lalui dengan suasana hati yang damai.

Posting Komentar untuk "Tips Aman Saat Mudik Lebaran 2013"