Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Herbal Untuk Mengobati Batuk

Perubahan cuaca akhir-akhir ini memang sudah tidak dapat diperkirakan, terkadang panas tiba-tiba berubah hujan. Makan pedas, minuman dingin yang ditambah pemanis buatan sering kita konsumsi sehari-hari. Selain itu polusi yang diakibatkan oleh asap kendaraan bermotor maupun mobil yang selalu terhirup oleh kita dapat mengganggu terhadap daya tahan tubuh, sehingga virus-virus dapat dengan mudahnya menyerang tubuh kita yang dapat memunculkan berbagai penyakit, diantaranya yaitu batuk.

Tanaman Herbal Untuk Mengobati Batuk


Sebagian orang memang sering menganggap sepele terhadap penyakit yang satu ini, yaitu batuk. Dikarenakan penyakit batuk memang sudah terbiasa menyerang masyarakat. Namun penyakit batuk apabila kita biarkan saja tanpa kita obati akan mengganggu aktifitas seseorang, karena rasa gatal yang tiada henti yang dirasakan oleh tenggorokan. Batuk terdapat beberapa macam yaitu batuk berdahak, batuk tidak berdahak (batuk kering). Penyakit batu ini dapat disembuhkan dengan memanfaatkan tanaman yang ada di sekitar. Tanaman yang bisa dijadikan obat untuk meredakan batuk diantaranya yaitu:

1.Belimbing wuluh : tanaman belimbing wuluh yang biasanya di tanam di pekarang rumah, selain bisa diolah menjadi bumbu masakan. Belimbing wuluh ini juga bisa dijadikan untuk obat meredakan batuk. Belimbing wuluh ini memang memiliki rasa yang sangat asam, sehingga ketika kita mengolahnya untuk dijadikan obat batuk, kita harus menambahkan gula atau madu untuk mengurangi rasa asam. Caranya yaitu: campurkan air kencur, belimbingg wuluh dan madu menjadi minuman yang hangat. 

2.Jeruk nipis : Menyembuhkan batuk dengan menggunakan jeruk nipis ini sudah diketahui sejak zaman dulu. Sama seperti belimbing wuluh, jeruk nipis ini juga memiliki rasa yang sangat asam. Cara mengolah jeruk nipis menjadi obat batuk yaitu peras jeruk nipis kedalam gelas sampai keluar seluruh sarinya ,setelah itu tambahkan sedikit kecap manis dan tambahkan air hangat, kemudian aduk sampai tercampur seluruhnya, langsung minum dalam keadaan hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan secara rutin 2-3 kali sehari. 

3.Teh jahe : Teh memang memiliki banyak khasiat, apalagi teh hijau yang dipercaya memiliki khasiat untuk penangkal toksin atau racun yang ada ditubuh. Jahe sering digunakan untuk campuran obat-obatan herbal, selain itu jahe juga memiliki efek yang menghangatkan tubuh. Dengan demikian minuman teh jahe dapat meringankan penyakit batuk. Cara membuat teh jahe sangat mudah, yaitu: cuci bersih jahe, setelah itu iris jahe menjadi 2-3 iris, setelah itu seduh air teh dengan air panas dan campurkan irisan jahe ke dalam seduhan teh, tunggu beberapa menit sampai seduhan teh dan jahe sampai hangat, setelah itu minum secara rutin 2-3 kali.

Setelah mengonsumsi salah tanaman yang telah diolah untuk dijadikan obat meredakan batuk. Ada hal lain yang tak kalah pentingnya dilakukan supaya penyakit batuk yang diderita cepat reda, yaitu:

1.Air putih : memang sangat sangat penting bagi tubuh karena sebagian besar yang ada di dalam tubuh adalah air. Apalagi ketika batuk menyerang tubuh kita, air putih hangat sangat baik untuk penderita batuk karena dengan meminum air hangat putih dapat mengencerkan dahak yang ada di dalam tubuh. Alangkah baiknya mengonsumsi air putih 7-8 gelas perhari.

2.Istirahat : Ketika sakit istirahat sangat diperlukan, karena dengan istirahat yang cukup dapat memberikan rasa nyaman bagi tubuh. Selain itu dengan istirahat yang cukup dapat memperbaiki sistem imunitas pada tubuh. Sehingga penyakit yang ada di dalam tubuh dapat hilang.

Semoga bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "Tanaman Herbal Untuk Mengobati Batuk"